JAKARTA, KOMPAS.com – Piranti lunak (software) Animasi Matematika dapat
mendorong semangat, meningkatkan minat, serta menghasilkan prestasi
siswa dalam mata pelajaran matematika pada setiap jenjang pendidikan.
Software Animasi Matematika untuk membantu para siswa belajar matematika tersebut dikembangkan Suwato Komala, seorang dosen. Animasi Matematika diluncurkan di Jakarta, Kamis (5/7/2012) ini.
Animasi Matematika mengkombinasikan pendekatan model pembelajaran ,yang berfokus kepada siswa (student centered) dalam lingkungan pembelajaran interaktif (interactive learning environment) yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (computer assisted information).
Animasi Matematika
kini telah menampung lebih dari ribuan contoh soal, berikut
pembahasannya, sebagai referensi siswa, sehingga dapat mendorong
kemampuan belajar mandiri dan menciptakan efisiensi waktu penguasaan
materi.
Tidak hanya itu, software ini juga mampu melakukan penilaian (scoring) atas hasil kerja siswa, sehingga guru dan orang tua dapat melihat langsung perkembangan siswa secara berkesinambungan.
“Selama
lebih dari 30 tahun mengajar dan 15 tahun terakhir menyusun program
ini, saya telah banyak menyaksikan tantangan dalam proses
belajar-mengajar matematika, baik terhadap siswa, guru bahkan orang tua.
Seringkali permasalahan yang dihadapi adalah pada semangat dan minat
belajar siswa dan pendekatan yang diambil guru dan orang tua,” ungkap
Suwato.
Animasi Matematika ini tersedia bagi semua jenjang
pendidikan, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, sampai SMK
(akuntansi/pariwisata/teknologi) yang mengacu pada Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) 2006.
Layaknya software yang banyak tersedia, software ini akan diupdate secara berkala, terutama memberikan free update
soal-soal UN (ujian nasional) beberapa tahun terakhir, dan yang terbaru
serta menyajikan pembahasan dalam menyelesaikan soal-soal tersebut.
0 comments:
Post a Comment